List Building mungkin merupakan bentuk pemasaran internet yang paling populer dan paling menguntungkan. Ada pepatah lama yang mengatakan ‘uang ada dalam daftar’ yang menjadi dasar banyak bisnis IM penuh waktu. Tidak peduli di area atau jenis bisnis Anda, Anda harus membuat daftar sedapat mungkin.

Mengapa List building sangat Penting?

Kita perlu mundur selangkah ke waktu sebelum internet ada di rumah setiap orang untuk memahami kekuatan daftar. Surat langsung kuno (atau junk mail seperti dulu) biasa digunakan melalui kotak surat semua orang dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Ada alasan besar untuk ini.

Banyak pebisnis memahami kekuatan milis dan menghabiskan banyak uang untuk kampanye seperti ini. Ini murni permainan angka. Jika Anda mendapatkan pesan Anda di depan banyak orang, maka seseorang akan tertarik dan akhirnya membeli apa pun yang Anda promosikan. Selangkah lebih Maju cepat hari ini dan ada prinsip serupa di tempat kerja, hanya menggunakan email daripada layanan pos. Keindahan menggunakan internet dan email untuk membangun daftar adalah bahwa siapa pun, dapat membuat daftar yang menguntungkan semurah atau secepat yang mereka inginkan.

List building adalah Spam?

Tidak pasti! Ada aturan yang sangat ketat tentang apa yang merupakan spam dan pembangunan daftar tidak melanggar aturan. Ini sangat legal dan, yang lebih penting, bila dilakukan dengan benar memiliki efek yang jauh lebih menguntungkan daripada yang pernah terjadi. Ada dua cara Anda bisa mendapatkan pelanggan ke daftar Anda. Satu disebut ‘single opt-in’ dan yang lainnya adalah ‘double opt-in.’

Pelanggan opt-in tunggal memasukkan alamat email mereka ke dalam kotak di situs web dan secara otomatis ditambahkan ke daftar email.

Pelanggan pilihan ganda (double optin) memasukkan alamat email mereka ke dalam sebuah kotak dan akan dikirimi email konfirmasi. Dalam email ini adalah tautan yang harus diklik oleh pelanggan untuk ditambahkan ke daftar email Anda.

Apakah Single Opt-in atau Double Opt-in Lebih Baik?

Ini adalah perbedaan  yang telah berlangsung selama dua opsi ini  ada. Yang pada akhirnya Anda akan membuat daftar Anda lebih cepat jika menggunakan satu pilihan( single optin). Namun, Anda lebih rentan memiliki daftar Anda ditangguhkan karena keluhan spam.

Dengan double opt-in, daftar Anda bertambah lambat tetapi Anda berakhir dengan lebih sedikit keluhan spam karena Anda dapat membuktikan bahwa pelanggan mengonfirmasi bahwa mereka ingin berada di daftar Anda.  Idealnya, Anda ingin pelanggan double opt-in di daftar Anda, tetapi itu adalah cara yang lebih lambat dan lebih mahal untuk membangun daftar pemasaran email Anda.

Apa itu ‘Cara Yang Benar?’

Aspek yang paling penting dari membangun daftar adalah memiliki orang-orang di daftar Anda yang ingin mendengar dari Anda. Memiliki daftar 100 orang yang terlibat dengan pesan Anda, tertarik pada konten Anda jauh lebih berharga daripada 10.000 orang acak yang tidak peduli tentang email Anda.

Ada beberapa pemasar internet yang telah membangun daftar selama bertahun-tahun dan memiliki milis yang sangat besar sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang melibatkan pelanggan mereka. Namun untuk pemula yang baru memulai, keterlibatan pelanggan Anda sangat penting untuk mulai menghasilkan uang dari daftar Anda.

Bagaimana Saya Membuat Daftar ?

Pertama, Anda harus berlangganan ke layanan yang disebut ‘autoresponder’.

Autoresponder adalah tempat pelanggan Anda disimpan dan memungkinkan Anda untuk mengirim email kepada mereka sekaligus dengan konten dan penawaran Anda.

Karena daftar Anda sangat penting bagi Anda, Jika ada satu hal yang harus Anda bayar untuk memulai bisnis pemasaran internet Anda, itu adalah autoresponder. Hanya Google ‘autoresponder’ untuk menemukan layanan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Ada beberapa opsi yang berfungsi ketika Anda ingin mulai membangun daftar Anda. Anda dapat membuat produk untuk dijual dan mengumpulkan email dari pembeli produk Anda. Anda dapat menempatkan kotak opt-in di blog sehingga pengunjung dapat diperbarui ketika Anda menambahkan konten baru. Anda dapat menawarkan ‘freebie’ dengan imbalan alamat email pengunjung.

Pada akhirnya Anda ingin menggunakan kombinasi dari setiap metode yang disebutkan di atas tetapi untuk memulainya, metode ‘freebie’ adalah tempat paling populer untuk memulai. Untuk contoh-contoh ini, saya akan menganggap Anda menggunakan opt-in ganda karena apa yang saya gunakan:

Metode Freebie

Ini melibatkan pengaturan halaman yang disebut ‘halaman pemerasan.’ Ini membujuk pengunjung untuk memasukkan alamat email mereka dengan imbalan laporan, video, atau hal lain yang berharga gratis. Ketika pengunjung memasukkan alamat email mereka, mereka akan diarahkan ke ‘halaman terima kasih’ yang memberitahu mereka untuk mengkonfirmasi berlangganan mereka di email yang baru saja mereka kirim. Ketika mereka mengklik tautan konfirmasi dalam email, mereka dibawa ke halaman unduhan untuk laporan. Mereka sekarang adalah pelanggan di daftar Anda.

Metode Produk


Sistem ini jauh lebih rumit karena melibatkan Anda menjual produk kepada pengunjung yang kemudian ditambahkan ke ‘daftar pembeli.’ Anda perlu membuat produk, halaman penjualan, mengatur tombol pembayaran dan mengirimkan produk yang dibayar. Itu banyak pekerjaan.

Namun, pelanggan di ‘daftar pembeli’ terbukti lebih mungkin membeli sesuatu yang lain dari Anda di masa depan. Jika mereka membeli produk Anda, mereka cenderung mendengarkan rekomendasi Anda untuk produk lain. Ini adalah jenis pelanggan paling berharga yang dapat Anda miliki di daftar.

Metode Blog

Jika Anda memiliki blog, Anda dapat meletakkan kotak opt-in di sidebar atau header sehingga pengunjung dapat diperbarui ketika ada perubahan dll.

Pikirkan tentang situs-situs seperti Amazon dan Play. Jika DVD tercantum dalam pra-rilis, Anda dapat memasukkan email Anda untuk diberi tahu ketika tanggal peluncuran ditambahkan ke film. Demikian pula Anda dapat meminta pengunjung untuk ikut serta dalam pembaruan di blog, atau mungkin freebie seperti yang dijelaskan di atas atau mungkin kursus pelatihan gratis. Tidak masalah apa yang Anda tawarkan, mereka akan ditargetkan ke niche Anda saat mereka bergabung dengan daftar dari blog Anda.

Apa yang Saya Lakukan Setelah pelanggan di Daftar saya?

Ini sangat tergantung pada jenis pemasaran internet apa yang Anda lakukan. Anda bisa mengirim email promosi dengan tautan afiliasi Anda yang tertanam di dalamnya. Ini cenderung membuat Anda banyak berhenti berlangganan dan keluhan spam sehingga tidak disarankan untuk pemula.

Mengirim email dengan pelatihan atau informasi berharga yang tidak mengharuskan pelanggan Anda untuk membeli apa pun adalah tempat yang baik untuk memulai. Anda kemudian dapat mengirim email promosi sesekali, katakan 1 di setiap 6. Dengan cara ini pelanggan mendapat nilai dari berada di daftar Anda dan karena itu lebih mungkin untuk membeli sesuatu ketika Anda merekomendasikannya.

Saat merekomendasikan produk berbayar, ada baiknya jika Anda membelinya sendiri. Dengan begitu Anda dapat memberikan putaran unik pada produk dan mempersonalisasikannya untuk daftar Anda.

Teknik Daftar Lanjutan

PembuatanMetode apa pun yang Anda gunakan untuk membangun daftar, Anda memerlukan lalu lintas. Di sinilah mulai menarik …

Bagaimana jika Anda juga bisa menghasilkan uang dari lalu lintas itu sementara juga membangun daftar Anda? Itu akan sempurna bukan?

Yah itu adalah proses yang cukup mudah untuk menghasilkan sedikit uang tambahan bahkan ketika menawarkan produk gratis di halaman pemerasan.

Saat menggunakan sistem opt-in ganda, setelah memasukkan alamat email mereka pengunjung Anda pergi ke halaman terima kasih. Cara yang bagus untuk menghasilkan uang adalah dengan membuat halaman terima kasih itu produk berbayar yang relevan dengan freebie yang Anda tawarkan.

Penting untuk membuat hubungan antara freebie dan produk berbayar. Tidak ada gunanya memiliki tawaran di sini jika tidak relevan dengan freebie yang dilanggan pengunjung.

Ini bisa berupa produk Anda sendiri atau penawaran afiliasi.

Anda juga dapat mengiklankan beberapa produk (menggunakan tautan afiliasi Anda sendiri) di halaman unduhan Anda. Sekali lagi, penting untuk membuat mereka tetap relevan.

Jika Anda memberikan laporan gratis, mengapa tidak menyertakan tautan afiliasi dalam laporan juga. Jika Anda mengarahkan pembaca ke situs tertentu, gunakan tautan afiliasi.

Ringkasan

Saat membuat daftar, ingat bahwa pelanggan adalah aset. Aset yang sangat berharga.

Jangan pernah memperlakukan mereka dengan tidak hormat. Jangan pernah berbohong pada mereka. Selalu berusaha memberi mereka informasi berharga. Perlakukan pelanggan Anda seperti Anda ingin diperlakukan sendiri.

Setiap pemasar harus berusaha membangun daftar mereka setiap saat. Baik itu secara pasif dengan blog mereka atau secara aktif dengan kampanye iklan.





Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?