Mengaktifkan Motivasi

Apakah Motivasi itu..?

Motivasi ibarat listrik yang mengalirkan energinya untuk menghidupkan barang-barang elektronik. tanpanya barang-barang elektronik tidak dapat bekerja sesuai fungsinya.

Motivasi ibarat bahan bakar pada sebuah kendaraan bermotor, sebagus apapun kendaraan yang anda gunakan, tidak dapat berjalan sesuai yang anda inginkan jika tidak ada bahan bakarnya.

Motivasi merupakan bahan bakar yang dibutuhkan untuk membuat  mesin manusia tetap bekerja. Motivasi adalah energi yang mendorong anda melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu.

Motivasi merupakan gabungan beberapa faktor yang menyebabkan, menyalurkan dan mempertahankan tingkah laku. Motivasi adalah alasan anda untuk melakukan sesuatu yang anda inginkan.

Setiap orang memiliki motivasi, hanya saja perbedaannya pada tingkatannya, ada yang tinggi dan ada yang rendah, ada juga yang sedang-sedang saja, karena motivasi tidak konstan dan abadi. Maka motivasi harus senantiasa diperbaharui, dengan mendekatkan diri kepada sumber-sumber motivasi.

Setiap orang memiliki sumbu (pemicu)  Motivasi.  Kita butuh motivasi untuk memotivasi diri kita agar terdorong  untuk meraih tujuan kita dan juga untuk memotivasi orang lain.

Pernahkah anda merasakan semangat yang luar biasa setelah anda mengikuti sebuah pelatihan atau acara yang bertemakan motivasi, atau anda setelah membaca buku-buku motivasi pengembangan diri ?

Namun dengan berlalunya waktu anda juga merasakan perubahan motivasi, semangat yang anda rasakan begitu menggelora, lama kelamaan semakin surut padam berganti dengan kelemahan dan kemalasan.

Kenapa ini bisa terjadi ?

Jawabannya adalah karena motivasi yang anda dapatkan hanyalah bersifat sementara. Sentuhan motivasi yang memantik api semangat anda berada di luar diri anda, atau sering juga disebut motivasi eksternal. motivasi itu tidak mengakar pada struktur karakter atau kepribadian anda.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui hierarki kepribadian dan melakukan perubahan secara mendasar. Maksudnya adalah kalau hari ini anda berubah maka selamanya anda berubah dan kita perlu menemukan titik yang mengakar dan mendasar dari perubahan diri kita untuk meraih kebahagiaan hidup.

Ternyata akar yang mendasar dalam kepribadian seseorang ada dalam pikirannya. Inilah yang akan menumbuhkan motivasi internal atau motivasi dari dalam diri sendiri. Dan perlu diketahui motivasi internal itu jauh lebih penting dibanding oleh motivasi yang disebakan oleh faktor eksternal, karena akan jauh lebih bertahan lama, itulah kekuatan pikiran anda, semakin anda banyak memberikan hal-hal  yang berkualitas untuk fikiran anda maka hidup andapun akan semakin berkualitas.

Pikiran itu seperti tanah, bibit yang anda tanam didalamnya adalah ilmu pengetahuan, sedangkan yang tumbuh dari bibit tersebut adalah prilaku  dan buahnya adalah kebiasaan. Kebiasaan menciptakan karakter dan karakter anda menentukan nasib anda.

Mau untung atau mau rugi silahkan pilih sendiri, oleh karena itu tidak ada perubahan yang paling mendasar dari dalam diri anda, kecuali anda mau merubah struktur cara berpikir terlebih dahulu, karena anda adalah apa yang anda pikirkan. Kalau anda berpikir akan kalah, anda benar, dan kalau anda berpikir akan menang anda juga benar.

selamat berpikirlah….

Bagaimana mengembangkan kemampuan berpikir anda ?

Beberapa kesalahan persepsi  yang umumnya ada dalam pikiran setiap orang tentang beberapa istilah yaitu perbedaan antara Bakat, minat dan Kecerdasan. ketiga istiolah ini seringkali tidak terbedakan dengan baik dan dijadikan alasan pembenaran  bagi kegagalan ketika kita meraih sukses.

Kecerdasan adalah kemampuan umum seseorang untuk menhadapi, menyelesaikan, dan melakukan sesuatu. Kecerdasan juga berarti kemampuan memecahkan masalah atau kemampuan menciptakan suatu produk yang bernilai dalam satu latar belakang budaya  atau lebih dengan pengertian sebenarnya. kecerdasan dapat bervariasi tergantung konteksnya.

Bakat adalah kemampuan khusus seseorang untuk melakukan dan menyelesaikan sesuatu yang diperoleh secara genetik. Jika Bakat bertemu dengan  Kecerdasan, maka akan membuat seseorang menjadi manusia unggul.

Minat adalah keinginan atau dorongan dalam diri seseorang untuk mengetahui atau melakukan sesuatu. Ada  yang mempunyai kecerdasan tinggi dan berbakat tetapi tidak mempunyai minat, maka jadilah ia orang yang  gagal dalam hidup.

Sebaliknya ada seseorang yang mempunyai minat tinggi, dan berbakat pula tetapi kecerdasannya biasa-biasa saja, ia memiliki motivasi yang kuat untuk belajar  dan melakukan sesuatu, karena itu ia bisa sukses dalam hidup. Dan jika ada yang mempunyai ketiganya, maka akan berpotensi menjadi oraqng yang sukses dan jadi orang besar.

Oleh karena itu ketika anda mendapatkan sebuah tantangan, jangan anda mengatakan..“sepertinya saya tidak bisa, kayanya saya kurang mampu”, itulah contoh jawaban atau perkataan yang menghambat keluarnya potensi terbaik dalam diri anda.

Sebaiknya, katakan saja : “Bagaimana caranya agar saya bisa seperti itu?”, maka otak anda akan bekerja mencari caranya.  Itulah motivasi dibangun dari pikiran bawah sadar  anda, itulah bahasa otak yang bekerja dengan baik ketika anda memberikan raqngsangan yang positif.

Selamat berpikir, selamat bahagia dan salam sukses selalu.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?