Kesalahan dalam menjalankan Iklan Facebook, dan bagaimana cara menghindarinya

Apakah Anda sedang berupaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari iklan Facebook Anda? Apakah Ingin tahu Anda telah melakukan beberapa kesalahan yang merugikan iklan Anda?

Kali ini saya akan sharing beberapa pendapat dari berbagai tokoh terkemuka di bidang pemasaran Facebook, dan mereka berbagi pendapatnya tentang beberapa hal yang mungkin masih sering dilakukan oleh kita sebagai pengiklan sehingga anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan itu.

1. Terlalu sering Mengoftimalkan Iklan yang sedang berjalan.

Pendapat ini dikemukakan oleh Dennis Yu adalah pendiri BlitzMetrics — salah satu biro iklan Facebook pertama di ibisnis ini.

Sebagian besar pengiklan Facebook terus-menerus menyentuh iklan mereka (atau “mengotak atik beberapa perubahan” karena mungkin berpikir bahwa tawaran, anggaran, dan target yang terus berubah setara dengan membuat kemajuan yang lebih cepat. Apa yang sebenarnya terjadi adalah bahwa setiap optimisasi mengatur ulang peringkat iklan Anda dan menempatkan iklan Anda kembali ke awal fase pembelajaran, ibaratnya kembali lagi ke dasar.

Ini sama umpamanya dengan menanam bibit pohon, menggali setelah 5 menit untuk melihat berapa banyak ditanam, menanam kembali, dan kemudian menggali lagi 5 menit kemudian.

Dalam nada yang sama, membuat banyak iklan tidak selalu memberi Anda lebih banyak peluang untuk berhasil. Anda ingin mendapatkan 50 konversi per set iklan per minggu. Jika Anda membuang-buang anggaran di puluhan iklan, tidak ada satu iklan dengan daya yang cukup (sinyal konversi yang kuat yang mengatasi kebisingan statistik) untuk menghasilkan pemenang.

Itu berarti Anda perlu menargetkan audiens yang lebih besar dengan mengumpulkan audiens kustom dan mengandalkan audiens yang mirip seperti audiens kustom yang mengonversi.

Menurutnya juga disadarinya juga bahwa 180 derajat dari apa yang Dennis Yuan sharingkan 5 tahun yang lalu, belum tentu kali ini berhasil dan sama, karena algoritme lebih pintar dan biaya lalu lintas jauh lebih tinggi. Selain itu, ada lebih banyak penempatan iklan di Facebook daripada yang dapat dioptimalkan secara manual. Anda ingin Facebook memilih campuran untuk iklan Anda berdasarkan pada pengaturan untuk biaya aktual per lead dan biaya per konversi.

2. Jatuh Kembali kepada Penargetan Yang Salah

DIkemukakan oleh Mari Smith , dikenal sebagai “Ratu Facebook”, dan merupakan salah satu pakar pemasaran Facebook terkemuka di dunia.

Salah satu kesalahan terbesar menurutnya adalah membuat pengiklan biasa disebut ” “lazy targeting,”  ,” yang menghasilkan iklan yang salah menjangkau pemirsa yang salah.

Pengiklan pemula mungkin hanya menekan tombol Boost dan hanya menargetkan penggemar halaman mereka, ketika mungkin ada banyak penggemar yang tidak lagi relevan atau tidak relevan di tempat pertama. Alih-alih, lebih baik masuk ke Pengelola Iklan dan sempurnakan pemirsa Anda, idealnya dimulai dengan pemirsa khusus yang dibuat dari pelanggan, lalu lintas situs web, dan / atau orang-orang yang sebelumnya pernah berhubungan dengan Anda.

Jika Anda sedikit lebih maju gunakanlah Pengelola Iklan Facebook, penargetan yang malas mungkin berupa tidak memanfaatkan khalayak pengecualian, dan karenanya terus-menerus menargetkan orang-orang yang telah membeli apa yang Anda tawarkan.

Atau mungkin terlihat seperti memilih satu minat dan menganggap semua orang di audiensi itu adalah target yang bagus. Saya telah berada di ujung penerima ini, di mana, misalnya, pengiklan menargetkan saya menawarkan berupa alat pemasaran untuk agen penjual real estate seolah-olah saya dalam bisnis real estat . Alih-alih, Anda akan menemukan dolar iklan Anda akan menghasilkan hasil yang jauh lebih baik dengan penargetan demografis yang disempurnakan dengan baik dan berbagai minat serta perilaku yang tumpang tindih, padahal hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Audiens Anda ITU tidak selalu harus menjadi sasaran laser dan sempit. Jika awalnya Anda ingin meningkatkan kesadaran di awal kampanye untuk menangkap dan memelihara, maka menargetkan audiens yang luas benar-benar cara yang bagus. Ingatlah bahwa relevansi adalah kuncinya. 

Hal terakhir yang tidak Anda inginkan adalah orang-orang melaporkan iklan Anda karena umpan balik negatif pada sebuah iklan dapat secara dramatis menurunkan kinerja iklan itu sendiri.

3: Berfokus pada Solusi Daripada fokus ke Prospek Anda

Pendapat dariTalia Wolf , adalah pendiri GetUplift, membantu perusahaan mengoptimalkan olahpesan mereka menggunakan emosi dan psikologi sehingga mereka dapat memahami mengapa orang membeli dari mereka.

Kesalahan besar dalam iklan Facebook yang dilihatnya berulang kali adalah membuat iklan yang berfokus pada solusi alih-alih berfokus pada orang.

Contohnya banyak iklan yang kita lihat di umpan berita Facebook, mereka fokus pada semacam promosi (mis. Penjualan, penawaran waktu terbatas, dll.). Masalahnya adalah umumnya ketika seseorang melihat iklan Anda, ini adalah pertama kalinya mereka menjumpai bisnis Anda.

Dengan ribuan penawaran dan transaksi serta pesaing di luar sana yang menuntut perhatian dan waktu terhadap prospek Anda, satu-satunya cara mengantisipasinya adalah membuat iklan Anda tentang pelanggan dan bukan tentang solusi yang Anda jual. Ini berarti menceritakan kisah pelanggan Anda: menekankan rasa sakit mereka, tantangan mereka, dan hasil yang mereka inginkan dalam iklan Anda.

Karena menurutnya, Anda memiliki kurang dari 3 detik untuk menarik perhatian seseorang dan meyakinkan mereka untuk mengklik iklan Anda dan belajar lebih banyak, dan satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan membuatnya tentang mereka, bukan diri Anda sendiri.

4: Terlalu Mengandalkan Optimasi Anggaran Kampanye Facebook

Azriel Ratz , konsultan iklan Facebook yang jenius dalam menganalisis iklan Facebook, telah mengembangkan sistem yang terbukti membantu pemasar menentukan iklan mana yang berkinerja terbaik.

Sebelum   Facebook Campaign Budget Optimization tool (CBO)  diumumkan, Anda sebagai pengiklan mengendalikan berapa banyak budget yang dihabiskan per hari dengan menargetkan audiens tertentu dalam kampanye iklan Facebook Anda. Sekarang dengan CBO, Facebook akan secara otomatis membagi pengeluaran untuk Anda berdasarkan bagaimana mereka percaya setiap audiens akan melakukan.

Cara kerjanya adalah Facebook melihat audiens di seluruh kampanye dan menemukan pengguna yang mereka yakini paling mungkin untuk mengonversi tujuan Anda. Jika Anda ingin penayangan video, Facebook akan mencari kelompok orang terbesar yang akan menonton video Anda dengan harga terendah. Jika Anda ingin kunjungan situs web, Facebook akan menemukan orang-orang yang mengklik tautan terbanyak dan menunjukkan kepada mereka iklan Anda. Jika Anda ingin menjual produk Anda, Facebook akan menemukan pembeli yang paling terlibat dalam audiens target Anda dan menunjukkan kepada mereka iklan Anda terlebih dahulu.

Secara teori, ini bisa luar biasa. Sebelum CBO, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk menjalankan iklan ke daftar minat dan beberapa pemirsa yang mirip – masing-masing dalam rangkaian iklan mereka sendiri – dalam upaya untuk menemukan pemirsa yang paling mungkin membeli. Hari ini, jalankan iklan untuk pemirsa yang sama dalam kampanye CBO dan Facebook akan melakukan itu bekerja untuk Anda jauh lebih sedikit!

5.Berfokus Pada Metrik ROAS Pembelian.

Charlie Lawrance adalah pendiri dan CEO Gecko Squared, agen pemasaran digital yang berspesialisasi dalam periklanan Facebook.

Kesalahan terbesar yang dilakukan pengiklan saat mengukur ROAS di Facebook hanya berfokus pada metrik ROAS Pembelian.

Beli ROAS hanya melaporkan nilai pembelian langsung pada saat tertentu ketika Anda menilai data. Untuk secara akurat mengukur dampak nyata dari iklan Facebook Anda (atau saluran pemasaran apa pun, dalam hal ini) adalah dengan melihat nilai seumur hidup pelanggan Anda, yang jauh melampaui pembelian pertama mereka. Saya menyebutnya “ROAS sejati” dan biasanya tingkat pengembaliannya jauh lebih tinggi karena nilai masa pakai pelanggan yang lebih tinggi.

Misalkan Anda menghabiskan $ 20.000 dalam sebulan di iklan Facebook dengan nilai pembelian rata-rata $ 100 dan biaya per pembelian $ 25. Iklan-iklan itu menghasilkan 800 pembelian (dari pelanggan baru) dengan total nilai pembelian $ 80.000. Itu ROX 4X. Cukup bagus.

Namun, jika rata-rata pelanggan Anda menghabiskan $ 120 tambahan dalam 12 bulan ke depan, nilai pembelian meningkat dari $ 100 menjadi $ 220. Ketika Anda mengukur ROAS Anda yang sebenarnya, 800 pelanggan baru itu sebenarnya bernilai $ 176.000 untuk bisnis Anda karena mereka masing-masing menghabiskan $ 220. Karena itu, menghabiskan $ 20.000 untuk mendapatkannya membuat ROAS 8.8X Anda yang sebenarnya.

Saat membuat keputusan pengeluaran iklan dan merencanakan kampanye iklan Anda, jangan hanya melihat ROAS langsung Anda; sebagai gantinya, hitung ROAS Anda yang sebenarnya.

6: Menyelesaikan Pendekatan Penempatan Satu Ukuran Untuk Semua

Paul Ramondo mengajarkan pengusaha bagaimana menghasilkan arahan dan penjualan menggunakan iklan Facebook dan saluran pemasaran digital.

Paul Ramondo mengemukakan di pertengahan 2019, umpan Facebook Anda seperti jalan raya di mana ibu jari audiens Anda adalah mobil dan iklan video Anda adalah papan iklan yang mereka lewati dengan cepat.

Jika Anda melaju menyusuri jalan raya persis dengan kecepatan 65 km/jam Anda hanya punya waktu sekitar 10 detik untuk memperhatikan papan iklan anda lihat. Alasan yang sama berlaku ketika Anda mempercepat umpan Facebook dengan ibu jari Anda. Artinya, Anda hanya punya waktu terbatas untuk memperhatikan iklan video sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya.

Secara alami, ini menimbulkan pertanyaan: Bagaimana Anda membuat orang melambat dan memperhatikan iklan video Anda?

Iklan video Anda harus dioptimalkan untuk format dan penempatan yang benar .

Ini mungkin terdengar seperti nyeleneh, tapi menurutnya masih terkejut dengan jumlah pengiklan yang tidak mengoptimalkan iklan video mereka untuk platform atau perangkat di mana mereka ditampilkan. Jika Anda ingin iklan memiliki peluang lebih besar untuk menghentikan jempol orang di umpan berita, sesuaikan materi iklan agar sesuai dengan penempatan yang Anda gunakan untuk memasang iklan.

Sepanjang garis estetika yang sama, Anda harus selalu mengunggah konten video beresolusi tertinggi yang Anda miliki. Jika Anda menghabiskan uang untuk menjalankan iklan video, hal terakhir yang Anda inginkan adalah membuat pelanggan potensial membutakan iklan Anda karena konten Anda pixelated. Facebook memiliki panduan yang sangat komprehensif untuk spesifikasi kreatif dan persyaratan teknis untuk iklan video dan banyak lagi.
Banyak klien berusaha untuk mengisi peran studio kreatif layanan lengkap baik sendiri atau dengan tim yang sangat kecil. Yang mengatakan, ada cara untuk menjadi pintar tentang ini, dan itu dimulai dengan alur kerja yang dioptimalkan yang akan membantu Anda membuat video untuk berbagai platform 

Semoga bermanfaat…!

Leave a Reply

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?