Beberapa Alasan Kenapa Suka Dengan Facebook

Percaya atau tidak sebuah riset dari Global Webindex pada tahun 2016, alasan utama kenapa seseorang gemar menggunakan Sosial Media Facebook, Menunjukan data yang sangat mencengangkan, hasil risetnya yaitu:

  1. Mencari tahu apa yang dilakukan oleh teman-teman, alias Kepo
  2. Mengisi waktu luang (killing time).
  3. Update info dan event terkini.
  4. Ikut-ikutan.
  5. Hiburan
  6. Eksis dan Narsis.
  7. Membangun jaringan dengan orang lain.
  8. Berbagi pendapat pribadi.
  9. Bertemu orang baru.
  10. Mencari dan menemukan Produk untuk dibeli.

Kenapa Mencengangkan..? Karena 6 alasan utama teratas benar-benar diluar dugaan dan keluar dari fungsi social media yang sesungguhnya. ( Kepo, Killing time, Update info, Ikut-ikutan, Hiburan, Eksis dan narsis ).

Mencari tahu apa yang dilakukan teman-teman ( Kepo).

Tidak usah dipungkiri, Saya pribadi juga anda pasti sering ingin tahu apa yang dilakukan teman-teman, contohnya saja, ketika masuk di akun facebook, Anda sering scrolling time line dan baca status orang kan ?  sampai-sampai diubek ke kolom komentarnya…bahkan saking Keponya, komentar dari komentar temen orang  pun suka dikepoin….. Makin penasaran pastinya makin keterusan.

Menurut saya itu sih wajar, karena dalam Psikologi, Manusia itu punya  Sense Curious ( Rasa Penasaran). Itulah kenapa harus dimaklumi jika pada akhirnya “Mencari tahu apa yang dilakukan oleh teman alias Kepo) menjadi alasan teratas  kenapa orang gemar main Facebookan dibandingkan dengan alasan-alasan yang lainnya.

Mengisi Waktu Luang ( Killing time ).

Seringnya anda scrolling time line seseorang, stalking akun temen, bahkan yang hebohnya lagi mengubek-ubek akun sang mantan…Itu sudah cukup menunjukan bahwa killing time menjadi alas an kenapa orang suka dengan Facebookan.

Contoh beberapa hal yang dilakukan, dengan facebookan benar-benar menghabiskan waktu luang  saja:

  • Nganggur dikit, ambil HP, BUKA Facebook, posting..
  • Rehat dikit, pegang HP, buka FB, Scrolling
  • Ketika diperjalanan, macet dikit, pegang HP, buka HP, Stalking lagi..

Jika sudah begitu Jari-jari terus bergerak  ke atas layar smartphone, dan saking keasyikannya scrolling dan stalking, sehingga ujung-ujungnya menjadi KILLING TIME alias menghabiskan waktu saja.

Update Info

Jaman dahulu ketika kita ingin update info atau ingin tahu perkembangan berita terkini dan lain-lain, kita mencarinya di TV, dengerin radio atau baca Koran. Tapi sekarang sudah ketinggalan zaman, karena sekarang Info perkembangan berita terbaru, kejadian, dan hal sejenisnya lebih cepat didapatkan di social media daripada dari Televisi dan radio, baik didapat dari Youtube, Facebook, twitter, ataupun Instagram.

“Di era Digital sekarang ini, akses informasi bisa didapat secara Cuma-Cuma termasuk dari social media yaitu Facebook dan lainnya.”

Ikut-ikutan.

Orang lain rame pada buka twitter, atau Instagram, pastinya terpancing juga untuk ikut-ikutan eksis, karena temen-temen juga banyak yang aktif di media social itu.

Begitupun sebagian dari anda mungkin saat ini gemar facebookan karena terpaksa, karena temen-temen juga pada eksis di facebook, agar tidak dicap warga zaman old..ya kan?

Eksis dan Narsis.

Fakta orang zaman NOW, walau niat nya nggak jualan, tapi Eksistensi dan Narsismenya luar biasa. Karena eksistensi diri memang menjadi kebutuhan dasar untuk sebagian orang, wajar karena itu merupakan bagian dari naluri seorang manusia. kira-kira seperti apa sih keeksisan dan kenarsisannya ?

  • Memposting photo keseruannya di Facebook
  • Mau makan photo dulu..
  • Upload photo jalan-jalan di Facebook
  • Update lokasi travellingnya
  • Dan lain-lain..banyak

Jadi mohon maklum aja …pengen eksis..!

Selain banyak menuai kontrofersi jejaring sosial terbesar saat ini juga ada manfaatnya lho, selain juga mempunyai efek negatif dan banyak disalah gunakan segelintir orang, namun Manfaat Facebook tidak harus kita lupakan, sebab bukankah setiap sesuatu hal mempunayi dua sisi, yakni terang dan gelap. Misalkan saja narkoba yang dapat membuat para pecandu mati, namun narkoba juga merupakan aset penting dalam dunia medis.

Ada banyak cara dan tindakan untuk memperkecil kejahatan di fb seperti jangan menyetujui permintaan pertemanan dengan orang yang belum anda kenal dan jangan sekali-kali terlalu percaya dengan para pengguna jejaring fb Karena bisa saja profil pengguna tersebut 100% palsu,

Berikut beberapa manfaat fb yang sangat terasa dalam kehidupan manusia yang serba instan dan modern ini DI Zaman NOW ini.

  1. Facebook adalah media saling ketemuan. Manfaat yang paling terasa adalah kita dapat menjumpai banyak teman lama kita di facebook.
  2. Mendapat teman baru di Facebook.
  3. Facebook tempat sarana jual beli, layaknya pasar. (fitur marketplace), tempat promosi, dll.
  4. Tempat diskusi. Salah satu fitur di FB dengan adanya group yang berfungsi seperti forum, anda bisa berdiskusi tentang apapun.
  5. Tempat dukungan. Masih ingat kasus kriminalisasi KPK atau kejadian pengumpulan Koin Prita, dari mana semua orang mendukungnya, dari FB lah semua gagasan itu bermula.

Dan masih banyak sekali manfaat dari Facebook selain yang disebutkan diatas,  apapun medianya pergunakanlah dengan hal-hal yang positif dan berguna buat kehidupan kita.

semoga bermanfaat..!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?