cara menulis halaman penjualan

Halaman Penjualan Yang Hebat Membuatnya Hujan Transferan

Cara menulis halaman penjualan yang bagus adalah bagian yang sangat penting dari setiap saluran penjualan. Halaman penjualan inilah yang pada akhirnya mengarahkan seseorang untuk membuka dompetnya, mengeluarkan kartu kreditnya, melakukan transfer segera, dan membeli dari Anda.

  • Jika Anda memiliki halaman penjualan yang biasa-biasa saja, Anda tidak akan menghasilkan banyak penjualan.
  • Sebaliknya, laman penjualan yang bagus menyebabkan penjualan Anda meroket, secara dramatis meningkatkan rasio konversi Anda, dan mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar.

Tentu saja, semua ini menimbulkan pertanyaan kritis: bagaimana Anda membuat halaman penjualan yang bagus? Jika Anda baru dalam menulis halaman penjualan, ini akan terasa sangat melelahkan. Bagaimana Anda mengkomunikasikan semua yang Anda butuhkan untuk melakukan penjualan?

Anda dapat belajar membuat halaman penjualan yang bagus. Setiap halaman penjualan yang baik mengandung elemen inti yang sama. Semacam persamaan matematika. Setelah Anda mempelajari apa itu elemen inti dan cara kerjanya, Anda dapat menggabungkannya untuk membuat halaman penjualan yang sangat efektif.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan rahasia dalam membuat laman penjualan yang hebat. Kami akan mengungkapkan formula dan strategi yang telah teruji oleh waktu yang dijamin dapat meningkatkan penjualan dan konversi.

Langkah # 1: Pahami Audiens Anda

Sebelum Anda mulai menulis elemen apa pun dari halaman penjualan Anda, sangat penting bagi Anda untuk memahami audiens Anda. Anda harus bisa berbicara langsung dengan audiens Anda dalam bahasa yang sesuai dengan mereka.

  • Sampai Anda meluangkan waktu untuk mempelajari lebih dalam tentang pemirsa Anda untuk memahami apa yang membuat mereka tergerak, Anda tidak bisa mulai mengerjakan laman penjualan Anda.
  • Setelah Anda mengenal audiens Anda, Anda dapat menyusun halaman penjualan Anda sehingga terhubung secara mendalam dan pribadi dengan mereka.

Berikut beberapa pertanyaan sederhana untuk membantu Anda menentukan audiens Anda:

  • Berapa usia pelanggan utama Anda?
  • Apakah mereka terutama laki-laki, perempuan, atau campuran?
  • Apa poin kesulitan dan tantangan terbesar mereka?
  • Apa yang memotivasi mereka?
  • Apa yang mereka cita-citakan?
  • Apa tujuan, harapan, dan impian mereka?
  • Apa yang mereka takuti?
  • Apa yang pernah mereka coba sebelumnya yang tidak berhasil?
  • Keberatan apa yang mereka miliki untuk membeli dari Anda?
  • Apa yang membuat mereka bahagia?
  • Siapa pengaruh terbesar mereka?
  • Situs web apa yang sering mereka kunjungi?
  • Siapa yang mereka ikuti di media sosial?

Hasil akhirnya adalah persona pembeli. Persona pembeli adalah representasi dari pelanggan ideal Anda. Halaman penjualan Anda harus ditulis sedemikian rupa sehingga berbicara dengan cara yang familier bagi persona pembeli Anda. Tidak masalah jika Anda memiliki banyak persona pelanggan. Kuncinya adalah Anda tahu persis kepada siapa Anda menjual.

Langkah # 2: Buat Judul Anda

Sulit untuk melebih-lebihkan pentingnya judul halaman penjualan. Judul tersebut menarik perhatian orang dan menarik mereka ke seluruh halaman penjualan Anda.

  • Judul yang membosankan akan membuat orang segera meninggalkan halaman penjualan Anda, tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
  • Judul yang bagus akan langsung menarik minat pembaca Anda, menarik minat mereka, dan membuat mereka ingin membaca lebih banyak.

Untuk membuat judul yang menarik, Anda harus mengetahui Unique Selling Proposition (USP) Anda. USP Anda adalah apa yang Anda tawarkan secara unik kepada pelanggan Anda. USP Anda membuat Anda berbeda dari pesaing mana pun dan membantu potensi pelanggan segera memahami apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Berikut adalah rumus sederhana untuk menentukan USP Anda: Saya membantu [ORANG] untuk [HASIL TERTENTU] dengan [SOLUSI ANDA].

Judul halaman penjualan Anda akan keluar dari USP Anda dan disesuaikan secara khusus dengan produk atau layanan yang Anda jual. Judul Anda harus:

Identifikasi masalah spesifik yang dipecahkan oleh produk atau layanan Anda

  • Sebutkan manfaat besarnya
  • Memicu emosi pada pembaca
  • Buat pembaca tertarik
  • Yakinkan pembaca untuk melihat sisa halaman penjualan

Pastikan saja judul Anda spesifik, menarik, dan menjelaskan masalahnya. Ingat, judul Anda akan meyakinkan orang untuk membaca sisa halaman penjualan.

Langkah # 3: Atasi Masalah Inti dan Frustrasi

Sekarang saatnya untuk mulai menulis salinan aktual halaman penjualan Anda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyoroti poin rasa sakit yang sudah dirasakan calon pelanggan Anda. Anda ingin mereka tahu bahwa Anda memahami dari mana mereka berasal. Bahwa Anda bisa memahami perjuangan mereka.

Bersikaplah spesifik saat menyoroti titik nyeri. Gunakan bahasa yang mereka gunakan untuk mendeskripsikan masalah.

Buat pembaca berpikir tentang betapa sulit dan membuat frustrasi saat ini bagi mereka. Anggap saja seperti Anda sedang membuat skenario “Sebelum / Sesudah”. Dalam skenario “Sebelum”, Anda melukis gambaran tentang seperti apa kehidupan mereka saat ini.

Saat menulis bagian ini, ceritakan sedetail mungkin. Gunakan bahasa yang hidup dan cobalah disertakan dengan gambar. Anda ingin pembaca secara aktif merasakan poin rasa sakit mereka saat Anda mendeskripsikannya. Anda ingin mereka merasa seperti Anda berbicara langsung dengan mereka.

Langkah # 4: Perkenalkan Solusi Anda

Ini adalah saat Anda memberi tahu calon pelanggan tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk membicarakan masalah dan kesulitan khusus mereka. Sekarang Anda menawarkan produk atau layanan Anda sebagai obat yang sempurna untuk masalah mereka.

Ketika berbicara tentang solusi Anda, mulailah dengan berbicara tentang manfaatnya. Bicarakan tentang bagaimana produk atau layanan Anda benar-benar akan mengubah kehidupan calon pelanggan Anda.

Sasaran utama Anda adalah menunjukkan kepada calon pelanggan betapa fantastisnya hidup mereka jika mereka mengadopsi solusi Anda. Anda ingin mereka yakin bahwa produk atau layanan Anda benar-benar sesuai dengan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah mereka.

Setelah Anda menghabiskan banyak waktu untuk membicarakan manfaat solusi Anda, Anda dapat membahas detail spesifik tentang fitur. Misalnya, mungkin Anda menawarkan pembuatan konten yang sudah selesai untuk Anda. Atau mungkin bagian dari solusi Anda adalah tiga panggilan konsultasi.

Saat berbicara tentang fitur produk atau layanan Anda, tujuan Anda adalah membantu pembaca menjadi pembeli yang terinformasi. Ingat, mereka tidak dapat secara fisik menyentuh atau melihat produk atau layanan di halaman penjualan Anda.

Langkah # 5: Buat Penawaran Anda

Sekarang saatnya membuat penawaran Anda. Saatnya mengundang pembaca secara langsung untuk membeli dari Anda atau mengamankan layanan Anda. Ini akan datang dalam bentuk ajakan bertindak langsung. Sering kali, menempatkan CTA sebagai orang pertama adalah hal yang baik. Ini menekankan kepada calon pelanggan bahwa merekalah yang mengambil tindakan.

Anda tidak ingin CTA Anda lemah, membosankan, atau tidak terinspirasi. Anda ingin pembaca halaman penjualan merasa bahwa mereka melakukan sesuatu yang besar dan penting saat mengklik CTA Anda.

Jangan bertele-tele dengan CTA Anda. Buat itu langsung dan ke intinya. Perjelas bahwa Anda ingin calon pelanggan benar-benar melakukan sesuatu.

Langkah # 6: Perkenalkan Diri Anda

Jika orang akan membeli dari Anda, mereka perlu tahu siapa Anda. Beri tahu calon pelanggan tentang siapa Anda, mengapa Anda secara unik memenuhi syarat untuk menyelesaikan masalah mereka, dan mengapa mereka harus mempercayai Anda.

Di bagian ini, pertimbangkan untuk memasukkan hal-hal seperti:

  • Foto diri Anda sendiri dengan resolusi tinggi
  • Pengalaman Anda
  • Keberhasilan Anda
  • Klien terkenal yang pernah Anda tangani jika ada
  • Gelar atau sertifikasi yang Anda miliki
  • Penampilan media

Hindari bersikap rendah hati saat menulis bagian ini. Perjelas bahwa Anda adalah pakar di bidang Anda dan bahwa Anda memiliki pengalaman yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Pikirkan bagian ini sebagai resume yang disingkat. Pamerkan pengetahuan dan pengalaman Anda sehingga prospek mempercayai Anda.

Langkah # 7: Gunakan Testimonial

Di halaman penjualan Anda, gunakan testimonial dari pelanggan yang puas. Mereka sangat membantu dalam mengatasi keberatan dan keraguan. Mereka merasa otentik dan membuktikan bahwa Anda benar-benar membantu orang. Testimonial mendukung klaim yang Anda buat di halaman penjualan dan membuktikan bahwa produk atau layanan Anda benar-benar nyata.

Berikut beberapa pertanyaan spesifik yang dapat Anda tanyakan kepada pelanggan untuk mendapatkan testimoni yang kuat:

  • Masalah apa yang Anda hadapi sebelum menggunakan produk atau layanan saya?
  • Hasil spesifik apa yang Anda lihat sebagai hasil dari penggunaan produk atau layanan saya?
  • Mengapa Anda merekomendasikan produk atau layanan saya kepada orang lain?
  • Fitur spesifik apa dari produk atau layanan saya yang Anda sukai?

Testimoni terbaik sangat spesifik dalam detailnya. Misalnya, testimonial yang mengatakan, “Ini adalah produk hebat!” bagus. Kesaksian yang mengatakan, “Produk ini meningkatkan rasio konversi kami sebesar 10%!” jauh lebih baik.

Langkah # 8: Saring Orang yang Salah

Idealnya, halaman penjualan Anda harus memfilter mereka yang tidak cocok dengan penawaran Anda. Jika orang yang salah mendaftar untuk penawaran Anda, mereka menjadi pelanggan yang tidak puas. Selain itu, Anda hanya ingin berhubungan dengan mereka yang dapat Anda layani secara efektif.

Jika orang yang salah mendaftar untuk penawaran Anda, Anda berdua akan frustrasi saat mengetahui bahwa Anda tidak cocok satu sama lain.

Jadi, bagaimana Anda menyaring orang yang salah? Dengan memberi tahu pembaca dengan tepat untuk siapa penawaran Anda tepat. Apa yang menjadi ciri pelanggan ideal Anda? Apakah Anda menargetkan pemilik usaha kecil yang berpenghasilan lebih dari 10 juta per tahun? Atau para eksekutif yang berjuang untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mereka?

Bersikaplah sangat spesifik saat menentukan untuk siapa penawaran Anda. Semakin spesifik Anda, semakin Anda akan menarik pelanggan sempurna dan menjauhkan mereka yang tidak cocok.

Langkah # 9: Jawab Pertanyaan yang Sering Diajukan

Calon pelanggan Anda pasti akan memiliki pertanyaan saat mereka membaca halaman penjualan Anda. Semakin banyak Anda dapat langsung menjawab pertanyaan mereka, semakin Anda dapat mengatasi keberatan mereka, dan semakin besar kemungkinan mereka akan membeli dari Anda.

Berikut beberapa pertanyaan umum yang mungkin Anda temui:

  • Apakah ada prasyarat?
  • Apakah Anda menawarkan paket pembayaran?
  • Berapa lama biasanya untuk melihat hasil?
  • Apakah diperlukan peralatan khusus?
  • Bagaimana orang menerima produk Anda?
  • Berapa lama mereka memiliki akses ke produk Anda?
  • Jenis pembayaran apa yang Anda terima?

Cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang yang membaca halaman penjualan Anda. Apa yang ingin Anda ketahui sebelum membeli produk atau layanan seperti milik Anda? Apa yang menghalangi Anda untuk membeli?

Sangat penting untuk menjadi selengkap mungkin saat membuat bagian FAQ Anda. Pertanyaan yang belum terjawab membuat orang tidak membeli. Iut adalah slah satu bagian yang menghambat penjualan. Selain itu, letakkan informasi kontak Anda di halaman penjualan sehingga orang dapat menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan lebih lanjut.

Langkah # 10: Urgensi Iklan

Tambahkan rasa urgensi ke halaman penjualan Anda. Anda ingin pembaca merasa jika mereka tidak segera mengambil tindakan, mereka akan kehilangan peluang besar.

Selain itu, menambahkan urgensi ke halaman penjualan Anda akan memaksa orang untuk membuat keputusan. Mereka tidak bisa selamanya menunda pembelian. Mereka perlu memutuskan apakah mereka masuk atau keluar.

Jadi, bagaimana Anda menambahkan urgensi ke halaman Anda?

  • Tawarkan produk atau layanan Anda untuk waktu yang terbatas.
  • Hanya menerima klien dalam jumlah terbatas.
  • Tawarkan bonus yang kedaluwarsa setelah waktu yang ditentukan.
  • Batasi jumlah produk yang Anda jual.

Saat menambahkan urgensi, sangat penting bagi Anda untuk menepati janji. Jika Anda mengatakan Anda hanya menerima 10 klien baru, jangan terus menerima klien baru setelah 10. Orang-orang akan berhenti mempercayai Anda jika mereka mengetahui bahwa Anda menciptakan urgensi buatan.

Langkah # 11: Ulangi Manfaat dan Penawaran

Ulangi manfaatnya dan dorong tindakan. Saat mengulangi manfaatnya, bantu mereka membayangkan bagaimana hidup mereka akan berubah menjadi lebih baik jika mereka mengadopsi produk atau layanan Anda. Dorong mereka untuk memutuskan apakah mereka ingin segala sesuatunya tetap seperti apa adanya atau apakah mereka siap untuk perubahan positif.

Setelah Anda mengulangi manfaatnya, buatlah ajakan bertindak terakhir. Sekali lagi Anda ingin memberi tahu pembaca untuk mengambil tindakan. Jika mereka telah membaca sejauh ini di halaman penjualan Anda, itu mungkin berarti mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Namun mereka belum menanggapi ajakan bertindak Anda.

Seperti ajakan bertindak Anda sebelumnya, sampaikan secara langsung dan langsung pada intinya. Jangan bertele-tele. Perjelas dan jelaskan apa yang Anda ingin pembaca lakukan. Jika Anda menggunakan tombol untuk ajakan bertindak, buat tombol itu besar dan jelas.

Halaman penjualan Anda harus mudah dibaca – sedemikian rupa sehingga orang dapat membaca sekilas dan merasakan penawaran Anda. Jadi, bagaimana Anda membuat halaman penjualan Anda mudah dibaca? Dengan menggunakan banyak subpos, jeda paragraf, dan poin-poin.

Aturan praktis yang baik adalah bahwa setiap bagian baru di halaman penjualan Anda harus memiliki subjudulnya sendiri. Saat menulis subpos Anda, ikuti aturan yang sama seperti saat menulis judul keseluruhan Anda. Setiap subjudul harus menarik dan membuat pembaca terus bergerak ke bawah.

Dalam setiap bagian, pastikan salinan itu sendiri mudah dibaca sekilas. Gunakan paragraf pendek. Setiap beberapa kalimat, mulailah paragraf baru. Ini memungkinkan seseorang untuk turun halaman dengan cepat dan memahami apa yang Anda katakan.

Setelah Anda menulis draf lengkap halaman penjualan, segera lihat sendiri. Apakah enak dipandang? Dapatkah sebagian besar informasi diambil dalam sekejap? Apakah ada area di mana Anda terpaksa memperlambat untuk memahami kontennya?

Ingin Mengunduh dalam bentuk PDF?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?