Cara Mengatasi HTTP Error 500 Pada Website

500 Server Internal Error atau Kesalahan server internal adalah salah satu kesalahan pada WordPress yang paling umum, Karena pesan errornya tidak memberikan informasi yang jelas, banyak pemula yang merasa cukup dibuat bingung bagaimana mengatasinya. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki kesalahan server internal di WordPress dengan mudah.

Penyebab Error 500

Kesalahan server internal di WordPress sering disebabkan oleh fungsi plugin atau tema. Kemungkinan penyebab lainnya adalah file .htaccess rusak dan batas memori PHP. Terkadang  muncul ketika Anda mencoba mengakses area admin sementara halaman lainnya berfungsi dengan baik.

Cara Memperbaikinya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa file .htaccess yang rusak. Anda dapat melakukannya dengan mengganti nama utama Anda. File htaccess ke nama lain seperti .htaccess_old. Untuk mengganti nama file .htaccess tersebut, bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi FTP atau File Manager di dasbor cPanel akun hosting Anda.

Setelah Anda edit, file .htaccess tersebut akan terletak di direktori yang sama di mana Anda akan melihat folder seperti konten-wp, wp-admin, dan wp-include.

Setelah Anda mengganti nama file .htaccess, coba kunjungi situs Anda untuk melihat perubahannya apakah ini menyelesaikan masalah ?. Selamat ! jika anda berhasil memperbaikinya.

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, periksa  Pengaturan »Permalinks di area admin WordPress dan klik tombol simpan tanpa membuat perubahan apa pun. Ini akan menghasilkan file .htaccess baru dengan aturan penulisan ulang yang tepat untuk memastikan bahwa halaman posting Anda tidak mengembalikan kesalahan 404 .

Jika langkah mengedit file .htaccess yang rusak tidak menghasilkan perubahan, coba Anda lakukan langkah berikut :

Tingkatkan Batas Memori PHP

Terkadang kesalahan server internal dapat terjadi jika Anda menghabiskan batas memori PHP Anda.  Jika Anda melihat kesalahan server internal hanya ketika Anda mencoba login ke admin WordPress Anda atau mengunggah gambar di wp-admin Anda, maka Anda harus meningkatkan batas memori dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1.  Login ke dashboard utama cPanel Anda
  2. Pilih menu Software > Select PHP Version
3. Pilih Switch to PHP Options untuk mengganti kuota memory limit yang Anda butuhkan.

4. Pilih value memory_limit dan ganti memory sesuai dengan yang Anda butuhkan, lalu klik Apply

5. Klik Save untuk menyimpan pengaturan baru Anda. Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini jika sudah berhasil menyimpannya.

Jika langkah tersebut dapat memperbaiki masalah, pastinya hanya memperbaiki masalah sementara. Anda masih perlu menemukan penyebab yang menghabiskan batas memori Anda. Ini bisa berupa plugin dengan kode buruk atau bahkan tema website anda. Disarankan untuk meminta penyedia hosting web WordPress Anda untuk melihat log server untuk membantu Anda menemukan diagnostik yang tepat.

Jika dengan meningkatkan batas memori PHP tidak memperbaiki masalah, coba langkah berikut :

Nonaktifkan Semua Plugin

Kesalahan ini kemungkinan besar disebabkan oleh plugin tertentu. Mungkin juga ada beberapa kombinasi dari plugins yang tidak bekerja dengan baik satu sama lain.

Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mengetahuinya. Anda harus menonaktifkan semua plugin WordPress sekaligus.

Menonaktifkan semua plugin dari cpanel anda.

Jika dengan menonaktifkan semua plugin dapat memperbaiki kesalahan ini, maka dipastikan itu adalah salah satu plugin ada yang bermasalah hingga menyebabkan error 500.

Cara memperbaikinya Cukup masuk ke area admin WordPress dan klik ‘Plugins’. Sekarang Anda perlu mengaktifkan plugin kembali satu persatu sampai Anda menemukan satu plugin yang menyebabkan masalah. Nonaktifkan atau hapus plugin itu.

Jika langkah menonaktifkan semua Plugin tidak berpengaruh, ikuti langkah dibawah ini :

Mengunggah Ulang File Inti

Jika opsi menonaktifkan plugin tidak memperbaiki kesalahan server internal, maka anda perlu mengunggah ulang folder wp-admin dan wp-include dari instalasi WordPress yang baru.

Ini tidak akan menghapus informasi website anda, tetapi ini dapat menyelesaikan masalah jika ada file yang rusak.

Pertama, anda harus mengunggah file wordpress baru, Selanjutnya Anda perlu terhubung ke situs web WordPress Anda menggunakan klien FTP. Setelah terhubung buka folder root situs web Anda. Ini adalah folder yang memiliki folder wp-admin, wp-include, wp-content di dalamnya.

Di kolom kiri, buka folder WordPress di komputer Anda. Sekarang Anda perlu memilih folder wp-include dan wp-admin dan kemudian klik kanan dan pilih ‘Unggah’.

Klien FTP akan mentransfer folder itu ke server Anda. Ini akan menanyakan Anda apakah Anda ingin menimpa file. Pilih ‘Timpa’ lalu pilih ‘Selalu gunakan tindakan ini’.

Klien FTP Anda sekarang akan mengganti file WordPress lama Anda dengan salinan baru yang lebih baru. Jika file WordPress yang rusak, maka langkah terakhir ini akan memperbaiki kesalahan server internal untuk Anda.

Langkah Terakhir

Jika upaya di atas tidak membuahkan hasil, maka senjata pamungkasnya adalah Hubungi penyedia hosting anda, minta bantuan terkait permasalahan anda tersebut.

Semoga bisa membantu permasalahan anda.

Leave a Reply

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?