Tips Email Marketing, Email Marketing adalah salah satu bentuk periklanan paling efektif untuk bisnis kecil. Agar berhasil di internet dan memaksimalkan manfaat internet, usaha kecil perlu menerapkan strategi pemasaran berbasis hasil di internet. Manfaat nyata dari internet dapat diwujudkan hanya jika sebuah bisnis dapat menggunakan internet untuk memasarkan produk dan layanannya.

Pemasaran email juga merupakan salah satu saluran pemasaran yang paling efektif dan paling cepat berkembang. Salah satu langkah pertama dalam kampanye pemasaran email yang sukses adalah membangun daftar distribusi email pelanggan potensial. Sebuah bisnis dapat membangun daftar email dari berbagai sumber termasuk situs webnya.

Mengelola kampanye pemasaran email yang sangat besar pastinya membutuhkan strategi yang terencana dengan baik dan mungkin melibatkan layanan dari perusahaan pemasaran profesional. Jika Anda tidak memiliki daftar email besar maka dapat dibeli dengan mudah dari perusahaan pemasaran langsung yang berspesialisasi dalam manajemen daftar email. Sebuah bisnis juga dapat mengumpulkan alamat email dari pelanggan potensial melalui formulir pendaftaran buletin di situs web.

Berikut adalah beberapa tips pemasaran email untuk bisnis kecil:

1. Mulai membangun daftar pemasaran email pelanggan. 

Jika Anda tidak memiliki daftar pemasaran email, Anda dapat mulai membangun dari sekarang. Apakah Anda memiliki basis klien kecil atau besar, Anda dapat mulai dengan terlebih dahulu memasukkan pelanggan yang ada di daftar pemasaran email Anda yang dapat Anda bangun seiring waktu. Sebuah bisnis kecil dapat memulai kampanye pemasaran email dari daftar yang relatif kecil yang dapat berkembang seiring waktu.

2. Registrasi email di situs web Anda. 

Menawarkan pelanggan dengan cara mendaftar melalui situs web Anda mungkin merupakan salah satu cara termudah untuk membangun daftar email Anda sendiri. Formulir pendaftaran dapat ditambahkan ke situs web Anda dengan mudah. Penempatan fitur pendaftaran email di situs web Anda penting dan berdampak pada tingkat konversi. Itu harus ditempatkan di tempat yang menonjol,maksudnya yaitu di area yang mudah pertama kali masuk ke situs web. Jika situs web Anda menggunakan sistem manajemen konten maka kemungkinan besar fitur pendaftaran buletin akan dibangun. 

3. Mulai Dengan Newsletter Pemasaran 

Mengirim buletin kepada pelanggan Anda adalah salah satu teknik pemasaran email yang paling efektif. Anda dapat memulai buletin tentang topik yang terkait denganbisnis atau bidang anda. Newsletter dapat berupa mingguan, bulanan, atau bahkan kuartalan. Nawala memberikan peluang luar biasa untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara berkala. Anda dapat menggunakan buletin untuk selanjutnya memasarkan produk atau layanan Anda sendiri.

4. Meningkatkan kesadaran akan daftar pemasaran email 

Anda. Anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan popularitas buletin pemasaran email Anda dan mengembangkan daftar email Anda. Membuat email atau buletin pemasaran yang berkualitas membutuhkan waktu dan upaya sehingga yang terbaik yang akan dikirimkan kepada banyak orang.

Berikut adalah beberapa metode sederhana untuk meningkatkan kesadaran tentang buletin pemasaran atau daftar email Anda dan mendorong orang untuk mendaftar: 

  • Sertakan tautan untuk mendaftar email di semua korespondensi email. 
  • Masukkan informasi tentang buletin email Anda dalam faktur, pesanan pembelian, dan dokumen perusahaan lainnya. 
  • Sertakan tautan pendaftaran email di tempat yang menonjol di situs web dan blog Anda. 
  • Beri tahu tim Anda untuk memberi tahu pelanggan tentang buletin pemasaran Anda di setiap kesempatan yang mereka dapatkan. 
  • Buat ketertarikan dengan memberikan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat untuk berlangganan email atau buletin bisnis Anda misalnya kupon diskon atau hadiah gratis lainnya. 

5. Lindungan data Pelanggan Anda

Sangat penting bagi Anda untuk menghormati privasi pelanggan dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi data pelanggan yang dikumpulkan oleh kampanye pemasaran email Anda. Anda tidak boleh berbagi informasi tanpa persetujuan sebelumnya dari pelanggan. Daftar pemasaran email Anda harus diikutkan. Ketika pelanggan mendaftarkan alamat email mereka, mereka setuju untuk menerima email pemasaran dari Anda. Jika Anda mengambil jalan pintas untuk membeli daftar pemasaran email , Anda harus melakukannya hanya dari sumber yang dapat dipercaya. Tapi sebaiknya bangunlah list anda sendiri karena akan benar-benar menghasilkan pelanggan yang berkualitas.

6. Kirim email pemasaran yang berkualitas 

Tidak ada yang lebih buruk dari branding Anda daripada mengirimkan email pemasaran yang dirancang buruk kepada pelanggan. Anda harus meneliti konten email pemasaran Anda dan merencanakan kampanye pemasaran Anda terlebih dahulu. Isi email pemasaran harus diteliti dengan baik dan menawarkan nilai kepada pelanggan. Tidak masalah untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda di email Anda, tetapi Anda harus mencoba dan menawarkan berbagai informasi. Email yang seimbang lebih mungkin berhasil daripada email promosi murni. Jika email yang Anda kirim penuh dengan promosi sendiri dan tidak menawarkan nilai nyata, maka pelanggan cenderung untuk berhenti berlangganan atau memilih keluar untuk berhenti menerima email dari anda . Fokuslah pada kualitas daripada kuantitas.

7. Pilih Subjek yang sesuai untuk email pemasaran 

Subjek yang baik untuk email pemasaran memainkan peran penting dalam memutuskan berapa banyak email yang dibuka dan dibaca oleh pelanggan. Penting untuk memilih subjek email dengan pemikiran dan pertimbangan yang cermat. 

8. Desain dan Tata Letak: 

Anda harus merencanakan struktur email dengan hati-hati. Atur tata letak yang rapih dan mudah dibaca. Desainnya harus bersih dan minimalis. Gunakan gambar dengan hati-hati. Gambar apa pun yang digunakan harus dioptimalkan untuk waktu pemuatan yang cepat. Desain harus mencerminkan bisnis Anda. Sebaiknya sertakan logo dan informasi kontak Anda.

9. Bersihkan daftar pemasaran email Anda dari waktu ke waktu: 

Jika Anda memelihara daftar email Anda sendiri, maka Anda harus melakukan tugas-tugas pemeliharaan daftar dasar secara berkala. Setiap pengguna yang tidak berlangganan harus segera dihapus dari daftar. Demikian pula semua alamat email lama atau tidak berfungsi harus dihapus. Lebih baik untuk mengkategorikan daftar Anda ke kategori yang berbeda sehingga Anda dapat mengatur email Anda dan mengirim informasi ke grup yang sefesifik. Pada saat yang sama setiap kontak baru harus ditambahkan sehingga mereka tidak ditinggalkan dalam email berikutnya yang Anda kirim.

10. Menguji

Jika Anda mengirim email biasa atau mengirim agak jarang-jarang, sangat penting bagi Anda untuk menguji kampanye pemasaran email dengan benar sebelum mengirimnya. Pemeriksaan ejaan harus dilakukan. Tautan apa pun dalam email harus diperiksa untuk melihat apakah tidak rusak dan pastikan tautan yang dibuat berfungsi. Cobalah kirim ke alamat email anda sendiri.

11. Mengukur kinerja kampanye Pemasaran Email Anda 

Penting untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan kampanye pemasaran email Anda. Ada banyak cara untuk memantau kinerja. Ukuran utama kesuksesan adalah jumlah pertanyaan yang Anda terima sebagai hasil langsung dari email pemasaran Anda. Statistik yang terkait dengan kampanye Anda dapat memberikan wawasan yang bermanfaat. Sebagian besar perangkat lunak pemasaran email akan memungkinkan Anda untuk memonitor laju pengiriman, laju respons, jumlah klik, dan sebagainya. Anda dapat mengetahui berapa banyak email yang dikirimkan, berapa banyak yang dibuka dan bahkan berapa banyak tautan dalam email yang diklik. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menilai efektivitas setiap email yang dikirim dan untuk merencanakan dan berimprovisasi pada kampanye mendatang.

12. Ajakan bertindak 

Email pemasaran yang efektif harus mendorong pengguna untuk mengambil tindakan. Menyertakan pernyataan ajakan bertindak dalam email pemasaran Anda dapat meningkatkan peluang konversi. Panggilan untuk bertindak dapat berupa apa saja dari permintaan informasi lebih lanjut hingga tautan untuk membeli suatu produk. 











Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Ratusan Produk Digital

Boleh Anda Download Dengan Gratis..Mau ?